Tips Menentukan Desain Jendela Hunian

Tips Menentukan Desain Jendela Hunian

Saat membangun hunian, sebagian orang cenderung kurang memperhatikan komponen jendela dan lebih berfokus pada interior hunian, seperti furniture. Padahal sesuai dengan model atau konsep hunian yang diusung, desain jendela rumah juga sangat menentukan keseluruhan look sebuah hunian.

Untuk dapat menentukan desain jendela terbaik bagi hunian Anda, berikut ini Vertical Blinds bagikan tipsnya:

1. Pilihlah jendela yang mampu merefleksikan gaya arsitektur hunian

Sebagai salah satu komponen utama dalam hunian, Anda bisa memanfaatkan jendela rumah untuk merefleksikan gaya arsitektur hunian. Untuk gaya modern kontemporer, Anda bisa memilih jendela-jendela tinggi. Sementara itu, jika hunian Anda bergaya Mediterranean, bisa dipilih jendela klasik dengan model jendela mati atau casement yang unik.

2. Menentukan fungsi jendela

Sebelum menentukan perlukah adanya jendela pada spot yang Anda inginkan, pertimbangkan dahulu fungsi jendela tersebut. Selain sebagai jalan masuk udara dan cahaya dari dan ke dalam hunian, jendela juga bisa menjadi salah satu bagian desain interior dan eksterior hunian. Oleh sebab itu, pastikan dengan baik fungsi jendela yang diinginkan untuk mengetahui seberapa besar dan lebar perlunya jendela tersebut.

3. Memilih jendela dengan bahan dan desain yang menarik

Dengan berbagai pilihan jenis dan varian jendela yang tersedia saat ini, Anda bisa memilih jendela terbaik bagi hunian. Tak hanya berbahan besi, aluminium, atau kayu, saat ini juga tersedia jendela dari bahan uPVC yang memiliki ragam kelebihan dan cocok dipadukan dengan konsep yang diinginkan.

4. Memilih warna terbaik untuk jendela

Walaupun memilih palet warna cat terbaik untuk eksterior cukup membingungkan, untuk jendela Anda bisa memilih warna-warna palet netral seperti putih, krem, coklat, abu-abu atau hitam. Jangan lupa pilihlah jenis terbaik dan tahan cuaca agar tak mudah rusak.

5. Memilih jendela sesuai dengan kebutuhan ventilasi ruangan

Selain fungsi estetik, jendela juga difungsikan sebagai ventilasi untuk pertukaran udara segar dalam ruangan. Oleh karena itu, pastikan terlebih dahulu jumlah kebutuhan ventilasi setiap ruangan untuk mempermudah pemilihan jenis jendela yang sesuai.

6. Memilih jendela yang dapat menonjolkan interior hunian

Dengan dua fungsi eksterior dan interior sekaligus, jendela bisa menjadi bagian penting untuk menonjolkan interior hunian. Baik dari segi pencahayaan ataupun look sebuah ruangan secara keseluruhan. Jika interior hunian Anda berkonsep minimalis, sebaiknya gunakan jenis jendela berkonsep neat dan besar untuk menambahkan pencahayaan alami pada ruang minimalis tersebut. Sementara itu, jika interior hunian berkonsep mewah dan spacy, Anda bisa memilih jenis jendela berukuran besar dengan model unik yang sesuai dengan konsep tersebut.

7. Memilih jendela yang sesuai dengan kebutuhan dan selera

Saat ini terdapat banyak jenis jendela yang bisa dipilih sesuai dengan selera pemilik hunian. Kreasikan dan wujudkan jendela impian Anda tersebut dengan tetap memperhatikan kebutuhan Anda terhadap ventilasi dan sumber cahaya alami untuk rumah sehat.

8. Menjadikan jendela sebagai titik fokus interior

Anda juga bisa menjadikan jendela hunian sebagai salah satu titik fokus interior dengan menggunakan gaya, bentuk, atau warna tertentu yang unik dan mampu menonjolkan konsep desain hunian Anda.

9. Memastikan arah matahari

Memerhatikan arah terbit dan tenggelam matahari dari hunian dapat membantu temperatur rumah tetap terjaga. Sebaiknya, tempatkan jendela menghadap ke arah utara atau selatan agar tak terlalu panas ataupun dingin karena tidak secara langsung meneruskan sinar mentari ke dalam rumah.

10. Memilih jendela yang efisien energi

Sebagai komponen krusial yang mampu mempengaruhi keseluruhan pencahayaan dan temperatur hunian, sebaiknya pilih jendela yang bisa mengefisiensi energi.

11. Menyesuaikan jendela dengan tirai

Setelah menentukan desain jendela yang diinginkan, Anda bisa memilih tirai yang diinginkan.

Untuk Anda yang ingin mempercantik jendela dengan tirai atau penutup jendela berkualitas, Vertical Blinds menghadirkan ragam pilihan windows blinds, baik untuk interior ataupun eksterior dengan kualitas terbaik.



Sumber: sgcka.co.id

Temukan Penutup Jendela Terbaik untuk Kamar Tidur Anda dengan Produk Vertical Blinds! Hubungi Onna Kreasi Sekarang!


Receive our Newsletter

Submit
Send Message