Tips Memilih Pintu Minimalis Untuk Hunian

Tips Memilih Pintu Minimalis Untuk Hunian

Memilih pintu minimalis untuk sebuah hunian bukanlah hal yang mudah. Di dalam sebuah rumah, pintu tidak hanya sebagai tempat keluar masuknya para penghuni rumah, tetapi juga sebagai sirkulasi udara yang baik karena berukuran lebih besar dibandingkan jendela. Maka dari itu, penting untuk menentukan desain pintu yang nyaman sebagai fungsi estetika pada hunian Anda.

Pada umumnya, pintu dibagi menjadi dua bagian yaitu pintu luar bangunan dan pintu dalam bangunan. Pintu luar ruangan diantaranya pintu masuk utama, pintu samping, dan pintu belakang. Sedangkan pintu dalam ruangan dibagi menjadi beberapa bagian seperti pintu ruang publik. Penggunaan pintu ruang publik ini biasanya digunakan pada bangunan kantor atau sejenisnya seperti pintu ruang tamu, ruang pintu pertemuan/rapat. Selanjutnya ada pintu ruang servis yang terpasang di depan ruang penunjang seperti gudang, kamar mandi, dapur, dan lainnya. Terakhir, pintu ruang privat yang berada pada kamar tidur dan ruang kerja.

Memilih Pintu Berdasarkan Fungsi

Pintu itu diibaratkan sebagai wajah, yang akan menjadi ciri khas untuk sebuah rumah. Tampilan pintu yang besar memiliki pengaruh pada penampilan keseluruhan fasad. Jadi ada baiknya sebelum mendesain fasad, pahami terlebih dahulu fungsi pintu.

Akses Keluar Masuk

Pintu memudahkan untuk mendapatkan jalur atau akses keluar masuk dalam ruangan. Maka dari itu, ukuran pintu biasanya disesuaikan dengan keleluasaan tubuh penghuninya. Begitu juga dengan ukuran pintu gerbang yang disesuaikan dengan body kendaraan agar memudahkan untuk keluar masuk.

Privasi

Selain menjadi pembatas antara satu ruangan dengan ruangan lainnya, pintu memberikan akses privasi yang tinggi dibandingkan dengan penggunaan tirai atau gorden. Daun pintu yang dipasang di depan rumah untuk melindungi dari orang orang atau penghuni asing yang hendak masuk. Sedangkan pintu di dalam rumah, berfungsi untuk memberikan akses privasi.

Mengubah Definisi Ruang

Sebagai penyekat antara ruang satu dengan lainnya, pintu mampu mengubah definisi ruang tertutup yang dibatasi oleh tembok massif menjadi lebih terbuka. Dulu, pintu dibuat dengan sederhana, tetapi seiring perkembangan zaman, desain dan model pintu semakin beragam yang disesuaikan dengan jenis rumah.

Sirkulasi Cahaya dan Udara

Sirkulasi cahaya tidak kalah penting dengan sirkulasi udara. Anda perlu memilih material pintu yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi ruang. Pintu dengan material kaca akan memudahkan mendapat asupan sinar matahari yang lebih besar, tanpa harus membuka. Berbeda dengan pintu berbahan kayu yang harus dibuka lebar untuk mendapatkan cahaya total. Desain pintu juga bisa dikombinasikan, semisal pintu kayu yang masih memiliki elemen kaca, baik kaca bening maupun buram.

Berdasarkan Material Pintu

Sebelum memilih pintu, khususnya yang berasal dari kayu, ada beberapa tips menarik yang bisa dijadikan sebagai referensi untuk mendapatkan hal yang baik.

  •  Jenis Kayu
Sebagai material utama yang sering digunakan pada setiap jenis hunian, ada banyak jenis kayu di pasaran. Pilih kayu dengan kualitas terbaik, semisal kayu besi, kayu jati, kayu merbau, gaharu, dan masih banyak lainnya.

Untuk kusen rumah sebagai penyangga utama pintu, kayu merbau bisa menjadi pilihan tepat karena bersifat tahan lama, kuat, dan tahan rayap. Kayu lain yang juga memiliki kekuatan serupa yaitu kayu jati.
  • Tekstur Kayu
Hal ini merupakan unsur yang penting dalam pemilihan kayu berkualitas untuk dijadikan pintu. Pilih kayu dengan memperhatikan secara seksama. Ciri kayu berkualitas adalah memiliki tekstur keras dan berwarna merah kecoklatan.

Cara paling mudah untuk mengetahui tekstur kayu berkualitas adalah dengan membasahinya. Saat terkena air, kayu biasanya akan mengeluarkan getah berwarna merah.
  • Kayu Belang
Jangan memilih kayu dengan tekstur belang meskipun desainnya sangat bagus. Belang yang dimaksud ini seperti bercak putih. Belang putih yang terdapat pada pinggiran kayu akan menjadi sasaran empuk rayap.

Ciri dan Konsep Pintu Minimalis

Setelah memahami material pintu berbahan kayu, saatnya memilih desain dan model yang cocok untuk konsep rumah. Berikut adalah beberapa akpek penting yang bisa dijadikan pertimbangan untuk memilih model pintu minimalis.

  • Sederhana
Sesuai dengan judulnya, umumnya pintu minimalis didesain sangat sederhana dan cocok diaplikasikan pada rumah dengan tipe minimalis. Sederhana yang dimaksud ini adalah memiliki minim ornamen dari bentuk-bentuk yang rumit seperti pintu keraton atau pintu di rumah Bali. Bahkan ada beberapa yang mengartikan minimalis dengan polos di mana pintu tidak memiliki sentuhan kreasi apapun. Tetapi justru di sinilah letak kekuatan dan nilai tambah dari desain tersebut.
  • Warna
Biasanya, pemilihan warna pintu diseleraskan dengan konsep rumah. Misalnya jika warna cat tembok putih, krem, atau warna terang lainnya, maka warna pintu bisa menggunakan warna gelap. Ciptakan warna kontras antara tembok dengan pintu.

Rumah dengan tipe minimalis biasanya menonjolkan unsur warna-warna netral seperti putih, abu-abu, atau hitam. Sementara pintu menghadirkan motif kayu polos bahkan tanpa di cat sekalipun.

Sebagai tambahan, gunakan cat eksterior khusus agar warna dinding bisa awet dalam segala kondisi, khususnya yang bisa menyerap sinar ultraviolet agar tidak cepat pudar.
  • Bahan Berkualitas
Pastikan untuk memilih pintu dengan bahan berkualitas sehingga tahan lama di segala situasi dan kondisi. Mengingat letak pintu sebagai penyekat antara bagian dalam dan luar rumah, otomatis rentan terpapar sinar matahari, hujan, noda, gesekan, yang bisa menyebabkan pintu rapuh, menggembung, melengkung, atau bahkan keropos karena rayap.

Anda bisa mencegah hal ini dengan memberikan cairan anti rayap di daun pintu. Di samping ini, pilih material pintu yang juga tahan api.

Demikian informasi menarik terkait tips memilih pintu minimalis untuk hunian.

Untuk Anda yang ingin mendekorasi ruang tidur, selain furniture berupa nakas, Anda juga bisa melengkapi penutup jendela berbagai jenis window blinds berkualitas, yang bisa disesuaikan dengan tema favorit.

Vertical Blinds menyediakan ragam pilihan window blinds, termasuk interior maupun eksterior dan curtain, hingga wallpaper dan partisi.



Sumber: www.homify.co.id

Lengkapi Penutup Jendela Kamar Tidur Anda dengan Blinds Berkualitas dari Vertical Blinds! Hubungi Onna Kreasi Sekarang!


Receive our Newsletter

Submit
Send Message