Rekomendasi Gorden untuk Hunian Modern Minimalis

Rekomendasi Gorden untuk Hunian Modern Minimalis

Saat ini, hunian modern dengan konsep minimalis banyak diminati oleh generasi milenial. Konsep ini diminati oleh milenial karena sesuai dengan pola hidup mereka yang praktis dan serba multitasking. Prinsip-prinsip minimalis telah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari mereka. Bisa dibilang, gaya hidup minimalis adalah gaya hidup milenial itu sendiri.

Para milenial menganggap bahwa keberadaan lahan sempit bukan menjadi kendala untuk memiliki rumah impian. Justru mereka dapat memanfaatkan keterbatasan lahan itu untuk mewujudkan hunian minimalis yang menguntungkan bagi mereka. Memiliki rumah minimalis memudahkan milenial merawat rumah dengan praktis dan efisien.

Pemilihan hunian modern minimalis ini tentunya perlu dibarengi dengan desain interior yang minimalis pula. Baik dari segi furnitur hingga produk interior lainnya, termasuk gorden. Keberadaan jendela menjadi bagian penting bagi suatu rumah dan tentunya perlu dilengkapi dengan gorden yang sesuai pula. Jendela rumah minimalis memerlukan gorden untuk mempercantik suasana interior hunian.

Pilihan Material Gorden

Terdapat 4 jenis material gorden yang bisa Anda pilih untuk hunian modern. Setiap bahan memiliki bentuk dari cara perawatan tersendiri. Berikut ini macam-macam material gorden yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan jendela rumah:

1. Kain Linen

Kain jenis ini menjadi salah satu bahan gorden yang umum ditemui dan sangat populer digunakan pada jendela rumah. Gorden dengan bahan kain linen memiliki tingkat kerapatan yang cukup renggang dengan sedikit transparan. Sehingga cahaya matahari masih bisa menembuas ke dalam ruangan secara lembut serta tidak membuat ruangan menjadi terlalu gelap jika gorden menutup jendela secara penuh.

2. Kain Katun

Gorden yang terbuat dari bahan ini umumnya mudah dipasang karena sangat ringan. Selain itu, gorden dengan bahan katun sangat mudah dibersihkan serta tidak membutuhkan perhatian khusus.

3. Kain Renda

Beberapa tahun terakhir, gorden dengan bahan dasar kain renda cukup populer. Namun, popularitasnya menurun karena cenderung memiliki model klasik dan minim sentuhan modern. Warna kain renda juga tidak memiliki varian warna yang beragam. Sehingga kurang cocok untuk hunian modern minimalis.

4. Kain Polyester

Bahan kain yang satu ini memiliki ketahanan pemakaian yang baik serta tidak mudah kusut. Gorden dengan bahan kain polyester sangatlah kuat sehingga cocok dipasang pada jendela ruang tamu. Gorden jenis ini memerlukan perawatan lebih karena harus sering dibersihkan agar tidak menimbulkan bau yang tidak sedap.

Tips memilih gorden minimalis

  1. Tentukan ruangan mana yang ingin Anda pasangi gorden
  2. Ruangan privasi seperti kamar tidur cocok menggunakan gorden tipe blackout. Bahannya yang tebal dan pekat membuat cahaya matahari tidak akan masuk ke dalam ruang kamar.
  3. Pada ruang makan atau ruang tamu sebaiknya menggunakan vitrase yang tembus cahaya atau tipe semi-blackout. Hal ini dilakukan agar ruangan mendapat sinar matahari yang cukup.
Beberapa hal yang perlu Anda lakukan sebelum memilih gorden adalah sebagai berikut:
  • Lakukan pengukuran terlebih dahulu terhadap jendela rumah Anda. Ukur panjang dan lebar dari setiap jendela yang ada pada ruangan rumah Anda. Tentunya Anda tidak ingin gorden yang Anda pasang ukurannya terlalu ebar atau terlalu kecil.
  • Sesuaikan pilihan warna gorde dengan konsep ruang hunian Anda. Warna gorden kamar anak tentunya berbeda dengan warna gorden di ruang tamu. Pemilihan warna dipercaya dapat mempengaruhi mood atau suasana hati pemilik rumah. Warna lembut akan memberikan suasana tenang, sedangkan warna cerah akan memberikan kesan ceria.
  • Memilih model pengait gorden juga penting agar gorden bisa selaras dengan konsep hunian yang diusung. Empat jenis pengait gorden yang dapat Anda pilih untuk menyempurnakan pemasangan gorden adalah model Track, Tab Top, Smoke Ring dan Ring.
  • Terakhir yang tidak kalah penting adalah menyesuaikan budget dengan gorden minimalis yang Anda inginkan. Saat ini sudah banyak yang menjual gorden minimalis dengan harga ekonomis. Sebaiknya lakukan riset di online store terlebih dahulu untuk mengetahui harga gorden yang Anda butuhkan.

Rekomendasi Gorden Minimalis untuk Hunian Modern

Berikut ini Onna Kreasi bagikan rekomendasi model gorden untuk hunian modern minimalis Anda

1. Gorden Tipis Vitrase

Gorden vitrase yang tipis membuat cahaya matahari dapat masuk ke dalam ruangan secara optimal. Vitrase umumnya digunakan sebagai bagian dasar gorden, namun bisa juga digunakan sebagai gorden tanpa pelapis. Gorden ini dapat Anda aplikasikan untuk ruang tamu atau ruang keluarga.

2. Gorden Model Single Panel Simple

Model gorden single panel ini terdiri dari satu gorden fleksibel yang bisa dibuka ke arah kanan maupun kiri. Gorden ini cocok diaplikasikan pada ruangan kecil untuk memberikan kesan simple pada ruangan.

3. Gorden Panel Pair untuk Ruang Besar

Panel Pair merupakan model gorden ganda yang biasa digunakan pada jendela berukuran besar. Terdiri dari dua gorden terpisah sehingga cocok untuk ruangan luas.

4. Gorden Motif Geometris

Gorden bermotif geometris termasuk dalam golongan gorden minimalis karena motifnya yang tidak terlalu ramai dan sesuai dengan konsep hunian minimalis.

5. Gorden Roman Shade

Roman shade dikenal juga sebagai gorden lipat memiliki mekanisme dibuka secara vertikal menggunakan tali dan rol. Gorden tipe ini biasa diggunakan untuk jendela dapur dan ruang kerja.

Hubungi Onna Kreasi untuk Dapatkan Gorden Terbaik dan Berkualitas Premium untuk Hunian Anda!


Receive our Newsletter

Submit
Send Message