Tata Cara Instalasi Sentral Gas pada Restoran

Tata Cara Instalasi Sentral Gas pada Restoran

Tabung gas yang diletakkan berdekatan dengan kompor, selain berbahaya juga membuat area dapur menjadi sempit. Oleh sebab itu, diperlukan instalasi pipa gas khusus untuk menyalurkan gas ke semua kompor dengan aman dan tidak menghabiskan ruangan. Terutama untuk keperluan restoran, mall, ataupun gedung lain.

Instalasi sentral gas umumnya memerlukan 2 hingga 5 tabung, bahkan beberapa restoran membutuhkan hingga 10 tabung.

Penempatan tabung sebaiknya diletakkan pada ruangan khusus dan terpisah dari ruangan dapur. Hal tersebut agar tingkat keamanan lebih terjaga karena tabung gas berada jauh dari titik api, serta bersih dan rapi.

Instalasi jalur pipa gas

Tabung pada sentral gas akan dialirkan menuju peralatan memasak di dapur melalui beberapa pipa besi yang dialiri gas dari sentral gas.

Pipa penghubung biasanya menggunakan seamless blacksteel, dan dirangkai atau disambung dengan cara dilas agar kuat. Ukuran diameter pipa umumnya disesuaikan dengan volume gas yang digunakan. Pada bagian output dan input biasanya disesuaikan dengan jenis kompor yang digunakan, karena jenis kompor tertentu memiliki tekanan berbeda, seperti high pressure, medium pressure, dan low pressure.

Sistem pengamanan instalasi gas

Selain instalasi gas, juga bisa ditambahkan pengaman berupa pendeteksi kebocoran dengan menggunakan leak detector alarm yang terhubung dengan solenoid valve, agar jika terjadi kebocoran di area dapur dapat terdeteksi, dan aliran gas dapat terhenti secara otomatis dari sentral, mencegah bahaya kebakaran.

Pada sistem pengamanan instalasi gas, terdapat dua jenis, yaitu bypass panel control dan detector gas alarm. Bypass diperlukan jika terjadi kebocoran maka secara otomatis pipa akan tertutup dengan cara memutuskan aliran listrik. Panel control dan detector gas alarm digunakan untuk mendeteksi kebocoran dan langsung mematikan sentral gas dengan cara pemutusan listrik. Panel control dan detector umumnya digunakan pada mall atau gedung.

Contoh instalasi gas

Material:

Pipa untuk saluran gas berkualitas, minimal sch 40 black steel seamless (tanpa sambungan dalam), atau menggunakan pipa stainless sch 40 seamless (ketebalan minimal 4mm)

Regulator gas, untuk menurunkan tekanan menggunakan type commercial heavy duty.

Valve, minimal WOG 400

Selang yang tahan dengan tekanan tinggi

Penunjuk tekanan (barometer)



Tabung gas

Tabung gas sebaiknya diletakkan pada udara terbuka dan gas disalurkan melalui pipa besi seamless (tanpa sambungan dalam) menuju area memasak melalui jalur instalasi.

Tabung gas yang digunakan sebaiknya berisi 20kg atau 50kg.


Receive our Newsletter

Submit
Send Message