Di era serba modern ini, genset sangat membantu dalam pekerjaan manusia sehari-hari. Pasalnya, PLN sebagai tempat yang menyediakan listrik negara terkadang melakukan maintenance yang mengakibatkan listrik mengalami pemadaman, baik secara tiba-tiba atau dengan pemberitahuan sebelumnya.

Tidak adanya listrik menyebabkan beberapa pekerjaan menjadi tertunda atau malah merugikan. Untuk itu, genset sangat berguna sebagai daya listrik cadangan atau tambahan yang bermanfaat.

Mesin genset sendiri sudah banyak digunakan baik di rumah atau di perindustrian, namun tak sedikit pemilik atau beberapa orang yang menggunakan genset belum mengetahui dengan baik bagaimana cara pemasangan atau instalasi dengan benar.

Instalasi genset bukanlah hal yang mudah dilakukan, namun Anda bisa mencoba merealisasikannya dengan metode yang sederhana. Maka dari itu, simak penjelasan berikut mengenai cara instalasi genset secara sederhana.

• Bahan yang diperlukan

Pemasangan genset melalui rangkaian otomatis Relay Omron ini memiliki tujuan memindahkan sumber aliran listrik untuk menyambung ke mesin generator saat listrik PLN kembali menyala yang secara otomatis akan berpindah menuju saluran PLN.

Untuk merangkai sistem otomatis pada generator ini pasti membutuhkan beberapa bahan seperti sekring otomatis, box sekring, terminal kabel, relay omron, papan kayu, kabel NGA, dan soket relay.

• Berikan nama pada masing-masing terminal

Hal yang dilakukan agar tidak mengalami kesulitan dan proses instalasi genset, pastikan memberikan nama pada terminal masing-masing. Dengan cara ini, akan bisa mendapatkan manfaat yang jelas lebih banyak, salah satunya adalah sistem pengkabelan yang tidak rumit dan pasti bisa disesuaikan dengan mudah.

Perlu diketahui pada instalasi genset ini membutuhkan 2 relay, di mana pada relay kedua (R2) ini merupakan relay yang digunakan untuk membantu switch S1 (R1) agar dapat memutuskan hubungan accu (aki) saat genset sudah dalam keadaan menyala kembali.

• Pastikan rangkaian terpasang dengan baik

Dalam penerapan genset, juga harus memastikan bahwa rangkaian yang tersedia sudah dipasang sesuai atau belum. Periksa dengan cara mematikan sumber aliran listrik dari PLN lewat MBC, setelah itu hidupkan genset dan lihat listrik yang menyala pada sumber aliran listriknya, lalu hidupkan kembali saklar pada MCB PLN. Jika rangkaiannya sudah tepat, maka generator atau genset akan mati secara otomatis dan aliran listrik aka berpindah menuju PLN.

• Pertimbangkan menggunakan jasa ahli

Untuk memastikan instalasi genset sudah terpasang dengan benar juga bisa mempertimbangkan menggunakan jasa ahli. Hal ini akan berperan signifikan dalam meminimalisir risiko yang terjadi.

Hal yang paling terpenting dan perlu diperhatikan adalah keamanan yang perlu diterapkan pada saat menggunakannya. Dengan cara ini, akan membuat genset bisa dipergunakan dengan cara yang tepat dan lebih aman.

Cara Aman Menggunakan Genset

Selain cara instalasi genset, perlu diketahui juga cara menggunakan genset yang tepat dan juga aman. Berikut beberapa tips atau cara aman menggunakan genset.

  • Hindari memasang generator portable di stopkontak
Memasukkan generator ke stopkontak dapat memudahkan matinya jaringan listrik serta dapat melukai pekerja utilitas ataupun tetangga rumah. Sebaiknya hubungkan peralatan pada kabel luar menuju outlet tempat generator.
  • Hindari menghubungkan generator secara langsung pada kabel rumah
Generator yang terhubung langsung pada rumah dapat memberikan umpan balik menuju saluran listrik menuju rumah Anda. selain itu, dapat mengakibatkan kerusakan yang fatal pada peralatan utilitas listrik maupun generator. Agar lebih aman, miliki kontraktor listrik yang berlisensi memasang saklar transfer.
  • Hindari membebani mesin genset
Usahakan jangan mengoperasikan berbagai macam peralatan yang melebihi daya output genset. Pemakaian genset yang overloading bisa merusak berbagai peralatan ataupun elektronik berharga di rumah, maka dari itu prioritaskan keperluan Anda saja.
  • Hindari menyimpan genset di ruangan yang terdapat bahan bakar
Disarankan untuk menyimpan genset di tempat yang aman dan hindari menyimpan di area yang terdapat bahan bakar. Ketika mengisi bahan bakar untuk genset, hindari dari sumber api ataupun rokok. Pastikan juga memiliki alat pemadam kebakaran untuk berjaga-jaga.


Receive our Newsletter

Submit
Send Message