Vertical Blinds, Pilihan Terbaik untuk Setiap Dekorasi Rumah

Vertical Blinds, Pilihan Terbaik untuk Setiap Dekorasi Rumah

Vertical Blinds adalah salah satu tipe blinds yang disukai oleh konsumer. Selain karena fungsinya yang majemuk, vertical blinds memiliki harga yang relatif murah. Selain bisa diatur besaran bukaannya, vertical blinds juga bisa dibuka secara keseluruhan dengan sistem sliding.

Saat ini, vertical blinds juga sudah berkembang lebih baik. Memiliki beberapa alternatif kain dan tipe yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Berikut macam lebar bahan / daun vertical:

  1. Lebar bahan 9 cm
  2. Lebar bahan 12,7 cm

Lebar bahan ini cukup memberi pengaruh pada penampilan, misalkan untuk lebar jendela yang kecil jika kita memakai lebar daun yang besar (12,7 cm) maka jumlah lembar daun yang didapat akan semakin sedikit yang akhirnya akan memberi kesan jendela kita lebih sempit. Begitu juga bila jendela kita pendek, dengan memberi lebar daun yang kecil, akan memberi kesan ramping dan tinggi pada jendela kita.

Untuk itu, pemilihan lebar daun pada vertical blinds sangat penting. Namun ada juga orang yang karena faktor harga, lebih mengorbankan tampilan daripada biaya. Hal ini juga bisa menjadi pertimbangan juga.

Berikut macam tipe kain yang bisa dipakai:

Blackout

Bahan tipe ini mencegah cahaya masuk hampir 100%. Selain itu, karena bahan ini memiliki lapisan semacam vinyl, hal ini membuat kain mudah dibersihkan. Cukup dilap dengan kain basah dan dibiarkan kering. Kain ini banyak disukai karena kepraktisannya. Saat ini, sesuai dengan semakin majunya teknologi dan tuntutan permintaan, kain tipe ini sudah tersedia juga yang tahan api (tidak menjalar waktu terbakar). Spesifikasi seperti ini banyak dibutuhkan oleh gedung – gedung bertingkat, apartemen, ataupun kantor – kantor yang sudah memiliki standard keselamatan yang tinggi.

Dimout

Bahan tipe ini masih memungkinkan cahaya masuk, berfungsi untuk menghalangi orang dapat melihat langsung ke dalam ruangan kita. Kain dimout banyak dipakai di kantor – kantor ataupun rumah karena memiliki keunggulan dari segi harga dan motif. Tapi tetap perlu diingat, setiap lokasi memiliki kebutuhan masing – masing.

Kain dimout agak “ribet” proses pembersihannya. Bisa dicuci tetapi harus melepas daun vertical satu – persatu dan setelah selesai dicuci dipasang kembali satu – persatu. Tapi bisa juga divacum jika ingin praktis.

Solar Screen

Bahan solar screen memiliki model kain berlubang – lubang. Berfungsi untuk mencegah panas dari sinar UV masuk ke ruangan. Ada beberapa pilihan persentasi sinar masuk, tapi pada umumnya pilihan terbanyak adalah 5% dan 10% cahaya masuk.

Kain – kain seperti ini bisa kita pakai untuk ruangan yang tidak perlu blocking cahaya, sehingga ruangan tidak terkesan gelap dan pemandangan di luar masih tetap terlihat walaupun sedikit samar – samar. Ruangan juga tidak terkesan sempit dan tertutup. Solar screen juga sudah memiliki varian kain yang anti api, sehingga jika terbakar tidak menjalar.

Berikut macam tipe Rail Vertical:

1. Tipe Standard

Tipe standard ini dipakai untuk ukuran yang tidak terlalu besar. Besar kecilnya ukuran juga dipengaruhi oleh pilihan kain yang digunakan. Misalkan kain solar screen, pastinya akan memiliki berat yang lebih daripada kain dimout.

2. Tipe Heavy Duty

Tipe heavy duty dipakai untuk ukuran yang besan dan kain – kain pilihan yang tebal dan berat.

Berikut macam pemberat pada vertical blinds:

• Pemberat berbahan plastik

Vertical blinds memerlukan pemberat untuk setiap lembar daunnya supaya dapat terjuntai rapi ke bawah. Bahan plastik yang pasti akan berperan pada sisi harga. Plastik selalu identik dengan bahan yang murah.

• Pemberat berbahan besi

Pemberat besi pastinya akan mempengaruhi harga, tapi pemberat besi akan menjadikan vertical blinds lebih awet.

Dari sisi pengoperasian / sistem, vertical blinds menjadi 2 macam sistem:

  • Manual
  • One Control

Dari 2 sistem ini, model manual adalah yang paling populer. Selain dari segi harga, tipe ini memakai benang nylon dan rantai nylon sebagai alat kontrolnya. Sedangkan one control memakai stick acrylic untuk alat kontrolnya yang notabene lebih rawan patah waktu digunakan.

Temukan Ragam Produk Vertical Blinds untuk Keindahan Dekorasi Hunian Anda di Onna Kreasi!


Receive our Newsletter

Submit
Send Message