Tips Mudah Bersihkan Rumah Menjelang Lebaran

Tips Mudah Bersihkan Rumah Menjelang Lebaran


Lebaran sebentar lagi, waktunya menyiapkan hal-hal yang dibutuhkan untuk Hari Raya Idul Fitri. Salah satu kegiatan yang rutin dilakukan sebelum lebaran adalah membersihkan rumah. Karena Lebaran waktunya silaturahmi bersama kerabat, tetangga, dan orang terdekat.

Tahun ini, sudah tidak ada pembatasan seperti PSBB di tahun sebelumnya. Tradisi kumpul keluarga dan silaturahmi dengan kerabat akan kembali dilakukan. Anda tentu tidak ingin memberi kesan buruk pada orang-orang karena rumah yang tidak bersih.

Tips membersihkan rumah sebelum Idul Fitri

Kegiatan bersih-bersih rumah menjelang Idul Fitri dilakukan dalam rangka membangkitkan semangat lebaran. Berikut ini Onna Kreasi bagikan beberapa tips mudah membersihkan rumah menjelang Lebaran. Apa saja yang perlu disiapkan?

1. Aturlah jadwal membersihkan rumah

Tips pertama sebelum Anda mulai bersih-bersih rumah adalah mengatur jadwal. Karena banyak ruang di dalam rumah dan banyak bagian rumah yang harus dibersihkan, Anda bisa mulai membersihkan rumah H-3 atau H-1 sebelum Lebaran.

Buatlah jadwal yang tepat untuk membersihkan rumah. Agar menghemat tenaga, Anda bisa membersihkan bagian rumah secara bertahap. Misalnya, mulai dari membersihkan kamar mandi, lalu esok hari lanjut membersihkan ruang tamu, dan seterusnya.

Tidak hanya membersihkan rumah, Anda juga harus memperhatikan furnitur rumah. Jangan lupa cucilah gorden, karpet, sarung bantal sofa, dan lainnya minimal satu minggu sebelum Lebaran.

2. Pembagian tugas membersihkan rumah

Jika Anda tinggal bersama anggota keluarga yang lain, maka Anda bisa membagi tugas membersihkan rumah menjelang Lebaran. Sehingga pekerjaan jadi lebih ringan karena dikerjakan bersama-sama.

Selain membuat rumah menjadi rapi, membersihkan rumah bersama keluarga akan membuat Anda dan keluarga semakin kompak.

3. Siapkan alat kebersihan

Sebelum mulai membersihkan rumah, sebaiknya Anda siapkan alat-alat kebersihan terlebih dahulu. Siapkan sapu, kain pel, lap, kemoceng, cairan pembersih, dan sebagainya.

Bedakan juga peralatan untuk membersihkan area tertentu dengan area lainnya. Misal, membedakan sapu luar teras dan sapu dalam rumah. Dengan demikian area yang bersih jadi tidak tercemar dengan area kotor.

4. Bersihkan ruang tamu

Ruang tamu menjadi area utama sebagai tempat tamu singgah, Karena itu, Anda perlu membersihkannya sebaik mungkin bahkan jika perlu beri dekorasi khas Lebaran.

Bersihkan debu dan kotoran pada kursi, meja, lemari pajangan, hingga jendela ruang tamu. Bersihkan jendela bagian dalam dan luar dengan cairan pembersih kaca. Tambahkan diffuser agar ruangan jadi lebih segar.

5. Bersihkan kamar mandi menjelang Lebaran

Selain ruang tamu, kamar mandi juga menjadi area yang sering digunakan tamu. Gunakanlah cairan desinfektan untuk membersihkan kamar mandi di seluruh bagian. Jangan lupa untuk menyikat wastafel, kloset, dan mengisi ulang sabun cuci tangan.

6. Bersihkan dapur dan meja makan

Makan bersama adalah salah satu kegiatan Lebaran yang tidak bisa dilupakan. Biasanya Anda dan keluarga menyantap makanan Hari Raya seperti ketupat dan opor selepas sholat Idul Fitri.

Belum lagi jika Anda mengadakan acara open house, tentunya banyak kerabat makan bersama di rumah dan sudah pasti area dapur atau meja makan akan sangat ramai. Oleh karena itu, pastikan Anda membersihkan dapur dan ruang makan dengan benar.

Beberapa area seperti meja makan, kompor, tempat memasak, kulkas dan sudut lain di dapur perlu dibersihkan. Dapur yang bersih akan membuat para tamu nyaman.

7. Bersihkan area teras dan halaman rumah

Halaman depan rumah menjadi area pertama yang diperhatikan tamu. Anda perlu membersihkan area itu agar lebih rapi. Anda bisa memotong rumput yang sudah meninggi dan potonglah dedaunan yang sudah layu. Anda juga bisa menambah tanaman hias baru agar tampilan area halaman lebih segar.

Jika masih sempat, sebaiknya Anda mengecat ulang dinding bagian luar rumah agar terlihat baru.

Itulah beberapa tips membersihkan rumah menjelang Lebaran. Sambut Hari Raya Idul Fitri dengan rumah yang bersih dan nyaman untuk tamu dan keluarga juga.

Selain membersihkan rumah, Anda juga bisa melengkapi jendela dengan tirai modern seperti Roller Blinds, Roman Bars, Vertical Blinds, dan Gorden dari Onna Kreasi.

Lengkapi Hunian Anda dengan Penutup Jendela Modern Onna!

Artikel Pilihan Lainnya

Artikel - artikel dari Onna Kreasi yang memberikan informasi tentang aneka penutup jendela dan tirai. Ada informasi menarik seputar aneka penutup jendela, dan berbagai infromasi lainnya, frequently ask question (faq), dan juga pengetahuan tentang membeli aneka penutup jendela dan tips untuk memilih penutup jendela.

Cara Instalasi Air di Rumah

Tips / Cara Instalasi Air

Tips Memilih Pintu Minimalis Untuk Hunian

Tips / Memilih Pintu Minimalis