Inovasi Teknologi Material Terbaru 2020 untuk Konstruksi Bangunan

Inovasi Teknologi Material Terbaru 2020 untuk Konstruksi Bangunan

Seiring perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, material konstruksi bangunan juga mengalami kemajuan yang cukup pesat. Temuan inovasi terbaru terus bermunculan yang menghasilkan material bangunan unik. Dilansir dari dpu.kulonprogokab.go.id, berikut ini beberapa konsep material bangunan yang dikembangkan oleh Pusat Penelitian dan Pengembangan Perumahan dan Pemukiman (PUSKIM).

1. Lumpur Sidoarjo (LUSI) untuk bahan bangunan

Inovasi pertama yang akan dibahas adalah pemanfaatan semburan lumpur Lapindo sebagai bahan bangunan . Produksi dibangun dekat lokasi semburan lumpur. Bahan bangunan yang dihasilkan dari lumpur ini adalah sebagai berikut:

  • Beton Ringan Lusi
Beton Ringan Lusi adalah komponen beton yang dibentuk dari bahan lumpur dengan bahan pengikat semen Portland. Bobot beton ini ringan, mutu sedang dan bentuk yang stabil. Melalui proses pembakaran, Agregat (kerikil, pasir dan abu) dibuat dari bahan lumpur sehingga diperoleh material yang ringan, kuat, tahan terhadap suhu tinggi dan lingkungan agresif.

Beton jenis ini cocok diaplikasikan pada konstruksi yang memerlukan ketahanan api, penyerapan suara dan suhu, bobot ringan dan terpapar garam sulfat/klorida. Tujuan inovasi bahan bangunan ini adalah untuk menghasilkan agregat ringan dan beton ringan dari lumpur Sidoarjo, meningkatkan nilai guna lumpur, mengurangi dampak lingkungan dan mendukung penyediaan bahan bangunan. Pemanfaatan lumpur Sidoarjo ini juga dapat meningkatkan peluang usaha serta mendukung program pembangunan.
  • Bahan Bersemen
Bahan bersemen menghasilan beberapa jenis produk yaitu conblock, paving block dan genteng semen. Bahan baku yang digunakan pada conblock adalah lumpur Sidoarjo dengan proporsi campuran 1 semen: 5 LUSI: 3 pasir. Sementar, proporsi bahan baku yang digunakan pada pembuatan paving block adalah 1 semen Portland : 3 LUSI : 1 pasir. Sedangkan proporsi yang digunakan dalam pembuatan genteng semen adalah 1 semen : 2 LUSI : 1 pasir.

2. Material Semen Pozolan Kapur (SPK)

Semen Pozolan Kapur menjadi alternatif dari semen pozolan bangunan sederhana, terutama bangunan di daerah yang sulit transportasi namun memiliki potensi kapur dan tras. Keunggulan bahan ini adalah sebagai berikut:

  • Pengerjaannya mudah (workability)
  • Dapat menyubtitusi pemakaian PC pada bagian non-struktural bangunan (75% bagian konstruksi)
  • Mengurangi terjadinya pemisahan agregat/adukan
  • Menurunkan panas hidrasi
  • Mengurangi terjadinya keretakan
  • Meningkatkan kerapatan adukan
  • Tahan terhadap pengaruh lingkungan

3. Material Bambu Sarang Tawon

Bambu Sarang Tawon dirancang dari gabungan bambu gelondongan dengan bilik rakyat (Gigantochia Apus) yang proses pembuatannya menggunakan mesin tekan panas. Inovasi ini masih dalam tahap pengkajian untuk dapat diterapkan.

Keunggulan material Bambu Sarang Tawon:

  • Berat panel ringan
  • Ukuran standar (120 cm x 240 cm) dengan tebal 2-3 cm dan dapat dibuat sesuai kebutuhan - Produk zero waste
  • Harga lebih murah dibandingkan dengan bahan sejenisnya.

4. Bata Beton Ringan dari Residual Cracking Catalist (RCC)

Residual Cracking Catalis (RCC) adalah limbah dari pemrosesan mintak mentah di dalam reaktor. Pemanfaatan limbah menjadi bahan bangunan menjadi salah satu langkah mengurangi pencemaran limbah. RCC dapat dikembangkan menjadi dinding bangunan bertingkat. Jenis produk bata beton ringan dengan proporsi campuran 75% RCC, 25% pasir silika dan 1,6% foam agen.

5. Material Bambu Laminasi

Bambu laminasi menjadi alternatif bahan bangunan pengganti kayu, apa lagi kayu kelas kuat I semakin jarang di pasaran. Pemakaian bambu dengan teknik laminasi ini dapat digunakan sebagai balok, kolom atau papan seperti kayu. Produk ini bisa diaplikasikan pada hampir seluruh komponen bangunan, kecuali atap penutup. Berikut ini adalah info lain mengenai material bambu laminasi:

- Bahan baku: Bambu

- Bahan pengawet: borac-boric/boron

- Bahan perekat: urea-formaldehyde (interior)

Itulah inovasi material terbaru tahun 2020 untuk kebutuhan bahan bangunan. Bagi Anda yang mencari produk-produk interior, kunjungi Onna Kreasi! Kami menyediakan berbagai produk interior seperti window blinds, partisi, hingga insect screen. Kami hadir untuk memenuhi kebutuhan interior hunian Anda.


Receive our Newsletter

Submit
Send Message