LAKUKAN HAL INI AGAR RUMAH TETAP SEJUK SELAMA MUSIM PANAS

LAKUKAN HAL INI AGAR RUMAH TETAP SEJUK SELAMA MUSIM PANAS

Ketika musim panas datang kebanyakan orang memilih menggunakan AC atau kipas angin untuk membuat ruangan tetap dingin. Memang jika musim panas tiba dapat membuat Anda merasa tidak nyaman dalam beraktivitas. Ada banyak cara untuk membuat ruangan Anda sejuk di saat musim panas, berikut penjelasannya:

1. Menutup jendela dengan tirai

Selain mempercantik ruangan, tirai juga memiliki fungsi dapat mengatur intensitas cahaya yang masuk pada ruangan. Saat musim panas tiba, Anda bisa menutup jendela dengan tirai. Hal tersebut akan mengurangi suhu panas di dalam rumah Anda.

2. Gunakan atap plafon yang tinggi

Cara kedua agar ruangan tetap sejuk adalah dengan membuat atap plafon tinggi. Idealnya ukuran atap plafon adalah 2,5 – 3 meter, jika kurang dari itu maka ketika musim panas datang ruangan akan terasa pengap dan panas. Jika Anda tinggal pada dataran rendah atau perkotaan yang rentan terhadap cuaca panas, maka gunakanlah atap plafon yang tinggi. Namun, jika tinggal di dataran tinggi, Anda bisa menggunakan atap plafon yang rendah. Karena dapat membuat ruangan Anda terasa hangat.

3. Melapisi jendela dengan kaca film

Jika Anda tidak suka menutup jendela dengan tirai di siang hari karena membuat rumah terasa tertutup, maka gunakan kaca film sebagai alternatif. Selain dapat mengurangi intensitas cahaya yang masuk pada ruangan, kaca film juga akan melindungi mata Anda dari silaunya matahari.

4. Memasang tirai bambu

Memasang tirai bambu merupakan cara tradisional yang dapat membuat rumah terasa sejuk. Memasang tirai bambu pada teras rumah, jendela ataupun pintu mampu menghalangi 80% sinar matahari yang masuk ke dalam rumah. Karena tirai bambu memiliki banyak celah sirkulasi udara pada ruangan akan tetap terjaga.

5. Perbanyak sirkulasi udara

Rumah akan terasa lebih panas dan pengap jika tidak memiliki sirkulasi udara yang baik. Anda bisa memperbanyak ventilasi pada setiap ruangan, baik jendela, loster hingga ventilasi dinding agar pertukaran udara tetap terjaga dengan baik.

6. Membuat taman di sekeliling rumah

Taman dapat memberikan kesan sejuk pada sebuah rumah. Namun tahukah Anda jika ada tanaman yang memberikan kesejukkan pada ruangan? Salah satunya yaitu Rubber Plant. Tanaman ini dapat meningkatkan kelembaban di ruangan sehingga memberikan udara yang lebih sejuk.

Tidak perlu khawatir jika memiliki lahan rumah yang terbatas, Anda bisa membuat rumah tetap sejuk dengan taman berbentuk vertikal atau memasang tanaman-tanaman gantung. Selain menghalangi sinar matahari, keberadaan tanaman juga membuat udara di rumah lebih bersih, segar dan sehat.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda coba untuk membuat rumah tetap sejuk selama musim panas. Sudahkan Anda menerapkan salah satu tips di atas? Nantikan tips desain interior menarik lainnya hanya di Onna kreasi. Onna Kreasi adalah produsen aksesoris jendela dan partisi pintu untuk dekorasi interior rumah, hotel dan apartemen.

Jadikan Kamar Sejuk di Saat Musim Panas dengan Produk Vertikal Blinds! Hubungi Onna Kreasi Sekarang!


Receive our Newsletter

Submit
Send Message