Perhatikan 5 Hal Ini Sebelum Buka Usaha Rumah Kost

Perhatikan 5 Hal Ini Sebelum Buka Usaha Rumah Kost

Membuka usaha rumah kost menjadi salah satu cara untuk mendapatkan passive income. Modal untuk membuka rumah kost memang cukup besar, karena harus memiliki rumah lain. Tidak jarang, orang membeli rumah baru untuk dijadikan tempat kost.

Karena itu, untuk Anda yang tertarik dengan usaha rumah kost perlu merencanakan budget serta aspek lainnya dengan sebaik mungkin. Perhatikan hal-hal berikut ini sebelum mulai usaha rumah kost agar dapat menguntungkan.

1. Lokasi Strategis

Pilih lokasi rumah kost yang strategis agar mudah ditemukan banyak orang. Sebelumnya, Anda harus menentukan target penyewa terlebih dahulu. Jika targetnya mahasiswa, maka pilihlah lokasi yang dekat dengan kampus. Sedangkan jika targetnya karyawan, pilihlah lokasi yang dekat dengan daerah perkantoran atau industri.

Namun, jika lokasi dekat kampus dan kantor tidak tersedia, Anda bisa mencari lokasi strategis lainnya dengan pertimbangan sebagai berikut:
  • Lokasi ramai dengan rumah makan
  • Dekat pusat perbelanjaan
  • Dekat dengan pusat transportasi umum

2. Utamakan Kebersihan, Keamanan dan Kenyamanan

Aspek selanjutnya, sediakan kamar kost yang bersih, aman dan nyaman agar penyewa betah dan senang. Pastikan kebersihan rumah kost selalu terjaga dengan disapu dan dipel rutin. Jika perlu, Anda bisa merekrut asisten rumah tangga untuk membersihkan rumah kost.

Untuk kenyamanan, tambahkan penerangan dan jendela untuk ventilasi udara yang baik di setiap kamar kost.

Berikutnya, untuk keamanan sebaiknya lengkapi rumah kost dengan CCTV. Menerapkan konsep smart home juga bisa menghindari tindak kejahatan pada rumah kost. Misalnya, setiap pintu kamar dan pintu masuk menggunakan sistem PIN atau sidik jari. Sehingga pintu akan terkunci otomatis saat ditinggal penyewa.

3. Tambahkan Fasilitas Pendukung

Sediakan fasilitas pendukung seperti tempat tidur, meja, kursi, lemari dan wifi yang lancar untuk penyewa. Sehingga rumah kost Anda dapat bersain dengan kost lainnya. Fasilitas dapur sederhana juga akan disukai penyewa.

4. Harga Sewa yang Bersaing

Harga sewa menjadi salah satu pertimbangan penyewa saat memilih kost. Tentukan harga yang bersaing dengan cara mencari informasi terkait harga rumah kost di lokasi yang sama dengan rumah kost Anda. Bandingkan harga dengan fasilitas yang ditawarkan juga, dengan demikian Anda dapat memutuskan harga sewa yang pas untuk rumah kost milik Anda.

5. Promosikan dengan Tepat

Rumah kost dengan desain nyaman dan fasilitas lengkap tidak akan dilirik orang jika promosi tidak baik. Ada banyak media yang bisa dipilih untuk mempromosikan rumah kost Anda. Manfaatkan media sosial, situs properti atau brosur sebagai tempat promosi. Berikan tawaran yang menarik dan menguntungkan bagi Anda dan penyewa misal, gratis biaya sewa sebulan jika membayar biaya sewa setahun di muka.

Bagaimana? Apakah Anda sudah siap membuka bisnis rumah kost?

Temukan berbagai inspirasi desain interior dan produk interior lainnya di Onna Kreasi. Tersedia Wallpaper, Window Blinds, Insect Screen dan Partisi berkualitas untuk hunian Anda.

Lengkapi Hunian Anda dengan Produk Interior Berkualitas dari Onna Kreasi!


Receive our Newsletter

Submit
Send Message